Kunjungan Kenegaraan

Presiden AS, Donald Trump baru-baru ini dikabarkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang. Beberapa kegiatan dilakukan oleh Trump selama berada di negeri Sakura tersebut. Tentu saja berbagai agenda atau kegiatan tersebut bersifat penting sehingga mengharuskan Trump harus terbang ke Jepang.

Apa Saja Yang Dilakukan Donald Trump Selama Di Jepang?

Bertandang ke negeri Sakura, Donald Trump menjadi sorotan dunia. Kira-kira apa saja yang dilakukan oleh Trump selama sepekan di Jepang? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Menghadiri Final Turnamen Sumo

Salah satu yang menjadi agenda dari kunjungan Trump ke Jepang adalah menghadiri final turnamen sumo musim panas atau biasa disebut basho. Pihak Jepang berharap agar Trump bersedia untuk memberikan piala kepada pemenang dari laga sumo.

Ketika kunjungan itu berlangsung, kemanan dan protokol mulai bekerja keras untukm memastikan Trum tidak terkena bantal yang dilemparkan oleh penonton. Hal ini sesuai dengan tradisi ketika sang grands champion jatuh.

Bertemu Dengan Kaisar Naruhito

Sejak dilantiknya Kaisar Naruhito yang menggantikan posisi ayahnya karena faktor kesehatan, Trump menjadi pemimpin asing yang bertemu dengan sang kaisar. Selain bertemu, Trump juga berencana untuk makan malam bersama dengan Kaisar Naruhito sebelum akhirnya menonton pertunjukkan atau turnamen Sumo.

Tentu saja kunjungan Trump disambut dengan baik oleh Kaisar Naruhito dan juga istri. Pertemuan tersebut tentu menjadi sebuah kehormatan sejak 200 tahun yang lalu. Sehingga Donald Trump sangat merasa tersanjung dan terhormat ketika bisa bertemu langsung dengan Kaisar Jepang.

Bermain Golf Bersama Perdana Menteri Jepang

Kegiatan lain yang dilakukan oleh Donald Trump adalah bermain golf dengan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe. Baik Trump maupun Shinzo Abe secara reguler telah menjadi rekan bermain golf.

Keduanya memiliki chemistry yang sangat baik. Bahkan Shinzo Abe juga memposting beberapa foto bersama dengan Trump ketika sedang bermain golf di selatan Tokyo tepatnya di lapangan golf Mobara Country Club.

Membahas Perjanjian Dagang

Selain bermain golf dengan Shinzo Abe, mereka juga membahas mengenai perjanjian perdagangan. Bagi Trump sendiri terdapat ketidakseimbangan perdagangan antara kedua negara. Namun Trump berjanji bahwa hubungan tersebut akan menjadi lebih adil apabila sudah dicapai kesepakatan.

Namun untuk beberapa kesepakatan tersebut tidak bisa begitu saja diputuskan. Trump mengaku akan menunggu Khinzo Abe agar fokus menghadapi pemilihan umum majelis tinggi.

Pemilihan tersebut akan digelar pada bulan Juli mendatang. Tidak ketinggalan, mereka juga membahas hubungan dengan Korea Utara yang sempat memanas.

Bertemu Keluarga Dari Warga Jepang

Agenda selanjutnya atas kunjungan Donald Trump ke Jepang adalah bertemu dengan keluarga dari warga Jepang. Mereka diculik oleh Korea Utara pada beberapa decade yang lalu untuk melatih bahasa Jepang pada mata-mata dari Korea Utara.

Tentu saja masalah yang sudah berlangsung puluhan tahun tersebut mengakibatkan hubungan Pyongyang dan Tokyo menjadi tidak baik.

Kasus penculikan ini memang sudah dikonfirmasi oleh Korea Utara. Kemudian mereka mengembalikan lima diantaranya ke Jepang di tahun 2002, sedangkan sisanya yang sudah tewas dipertahankan oleh Korea Utara. Hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak bisa dipercaya oleh Jepang.

Nah itulah beberapa hal atau kegiatan yang dilakukan oleh Trump selama sepekan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang. Untuk mencapai kesejahteraan tentu suatu negara tidak bisa begitu saja berdiri sendiri. Mereka juga membutuhkan bantuan dan kerjasama dari negara lain agar bisa semakin maju dalam berbagai sektor.